Monday 26 May 2014

Berita terbaru: Isra' Mi'raj dan Perintah Turunnya Salat



Bagi umat Islam Isra' Mi'raj memiliki makna yang sangat penting. Pada peristiwa inilah perintah untuk menunaikan salat pertama kali diwajibkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW dan umatnya.

Isra' dan Mi'raj merupakan dua cerita perjalanan yang berbeda. Isra' merupakan kisah perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsa di Yerussalem. Sedangkan Mi'raj merupakan kisah perjalanan Nabi dari bumi naik ke langit ketujuh dan dilanjutkan ke Sidratul Muntaha (akhir penggapaian) untuk menerimah perintah di hadirat Allah SWT.

Namun karena dua peristiwa ini terjadi pada waktu yang bersamaan maka disebutlah peristiwa Isra' Mi'raj. Selama perjalanan Nabi ditemani Malaikat Jibril dengan menunggangi Buraq. Peristiwa Isra' Mi'raj terjadi dalam waktu singkat, yaitu hanya dalam satu malam.

Kisah perjalanan Rasul dalam peristiwa Isra' Mi'raj ini sangat sering kita dengar di ceramah-ceramah khusus pada peringatan Isra' Mi'raj setiap tahunnya. Tahun ini Isra' Mi'raj jatuh bertepatan dengan tanggal 27 Mei 2014 Masehi.

Dalam perjalanannya, di setiap langit Rasulullah bertemu dengan Nabi-nabi sebelumnya hingga sampai di langit ketujuh. Di setiap perjalanan Nabi juga diperlihatkan mengenai kondisi di surga dan neraka.

Di Sidratul Muntaha, Nabi menghadap kehadirat Allah tanpa ditemani Malaikat Jibril. Nabi kemudian menerima perintah untuk membawa amanah Allah berupa salat 50 waktu dalam sehari semalam untuk Nabi Muhammad dan umatnya.

Setelah menerima perintah itu Nabi segera kembali. Dalam perjalanan pulang di langit keenam, beliau bertemu Musa A.S. Terjadilah percakapan di antara keduanya, Musa menanyakan apa yang dibawa Muhammad setelah menghadap Allah. Muhammad kemudian menjelaskan mengenai perintah untuk melakukan salat 50 waktu dalam sehari semalam. Musa lantas menyuruh Muhammad untuk kembali menghadap Allah dan meminta keringanan.

Muhammad lantas kembali kehadirat Allah untuk meminta keringanan. Permintaan tersebut dikabulkan, perintah salat diturunkan menjadi 45 kali. Setelah itu Muhammad kembali dan bertemu lagi dengan Musa. Dikisahkan Nabi Muhammad SAW sempat beberapa kali pulang pergi untuk meminta keringanan salat, hingga akhirnya turun menjadi lima kali dalam waktu sehari semalam.

Setelah perintah salat diturunkan menjadi lima waktu dalam sehari semalam, dikisahkan bahwa Nabi Musa masih menyuruh Muhammad untuk meminta keringanan. Tapi Nabi Muhammad tidak berani lagi melakukannya karena malu pada Allah, ia pun rela dan ikhlas dengan ketentuan tersebut. Nabi akhirnya kembali dengan membawa perintah salat selama lima waktu yang kita kenal sebagai salat Subuh, Zuhur, Asar, Magrib dan Isya.

Isra' Mi'raj terjadi pada malam 27 Rajab tahun ke-10 kenabian. Peristiwa-peristiwa yang terjadi selama masa Isra' Mi'raj adalah pembelahan dada Nabi Muhammad untuk disucikan dengan air Zamzam oleh Malaikat Jibril di samping Ka'bah sebelum berangkat ke Yerussalem.

Nabi Muhammad menjadi imam bagi nabi-nabi terdahulu ketika melaksanakan salat sunnah dua rakaat di Masjidl Aqsa. Jibril membawa dua gelas minumam berisi susu dan arak, Nabi memilih susu sebagai isyarat bahwa umat Islam tidak akan tersesat.

Di langit pertama Muhammad bertemu dengan Nabi Adam A.S, di langit kedua bertemu dengan Nabi Isa dan Yahya A.S, di langit ketiga bertemu dengan Nabi Yusuf A.S, di langit keempat bertemu dengan Nabi Idris A.S, di langit keenam bertemu dengan Nabi Musa A.S dan di langit ketujuh bertemu dengan Nabi Ibrahim A.s.

Dalil mengenai kejadian ini salah satunya terdapat dalam Q.S Al Isra (17) : 1:

'Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.'

Original Post by: http://ift.tt/1mwghre

Source : http://ift.tt/1mwghre
Author Profile

About alfatih

Travel umroh terbaik dan terpercaya di indonesia terdaftar di kementrian agama.

0 Komentar Berita terbaru: Isra' Mi'raj dan Perintah Turunnya Salat

Post a Comment

Bottom Ads

Back To Top