Sunday 27 July 2014

Berita terbaru: Malam Takbiran, Beduk Raksasa hingga Tasbih Raksasa



PINRANG, KOMPAS.com - Masyarakat Pinrang, Sulawesi Selatan, memiliki tradisi menyiapkan berbagai atribut Idul Fitri untuk memeriahkan malam takbiran. Berbagai atribut itu nantinya akan diarak keliling kota di malam takbiran.

Kemeriahan menyiapkan atribut Lebaran tampak hampir di setiap masjid di Pinrang. Pengurus Masjid Pleteng, Kelurahan Mamminasae, sepekan menjelang Lebaran membuat ketupat raksasa, beduk raksasa, tasbih raksasa, dan Al Quran raksasa.

Butiran tasbih raksasa yang jumlah 99 itu ukurannya sebesar bola kaki. Butuh beberapa orang untuk mengangkatnya. Sementara ketupat raksasa tinggi mencapai 2,5 meter.

'Ini sudah jadi tradisi turun temurun. Tanpa komando dari pemerintah semua pengurus masjid dan mushala mempersiapkan sendiri berbagai atribut Lebaran untuk memeriahkan malam takbiran,'ujar Andi Ali, salah satu pengurus Masjid Pleteng.

Berbagai atribut Lebaran ini rencananya akan diarak keliling kota kecamatan dan kabupaten di Pinrang pada malam takbiran. Ribuan umat Islam pawai keliling kota menggunakan kendaraan angkutan umum atau truk terbuka hingga motor. Pawai ini dimaknai sebagai simbol kemenangan setelah sebulan penuh menjalankan puasa.

Meski pemerintah setempat setiap tahun mengimbau warga dan pengurus masjid agar membatasi peserta takbiran, tetapi antusias warga menyambut Lebaran biasanya membuat jalan-jalan kota dan desa kerap macet hingga berjam-jam.

Original Post by: http://ift.tt/1tcjz8s

Source : http://ift.tt/1tcjz8s
Author Profile

About alfatih

Travel umroh terbaik dan terpercaya di indonesia terdaftar di kementrian agama.

0 Komentar Berita terbaru: Malam Takbiran, Beduk Raksasa hingga Tasbih Raksasa

Post a Comment

Bottom Ads

Back To Top