Saturday 27 September 2014

Berita terbaru: SBY: Saya Sangat Membatasi Kunjungan ke Luar Negeri

Laporan dari Washington, DC

Washington, DC - Presiden SBY membantah tudingan pihaknya boros anggaran dalam kunjungan-kunjungannya ke luar negeri. Yang benar, kata SBY, dirinya malah sangat membatasi untuk menghadiri forum-forum internasional. Kunjungan ke luar negeri selama ini hanya sepertiga dari banyaknya undangan yang meminta presiden hadir.

'Saya sangat membatasi. Kalau saya harus ikuti summit dan undangan-undangan, itu akan sangat banyak. Yang saya datangi hanya sepertiganya,' kata Presiden SBY dalam jumpa pers di Hotel Willard Intercontinental, Washington, DC, Sabtu (27/9/2014). Presiden menanggapi hal ini saat ditanya tentang tudingan SBY tidak hemat dalam melakukan kunjungan luar negerinya.

Presiden SBY mengaku tidak mungkin tidak hadir di KTT Asean, begitu juga di KTT East Asia Summmit. SBY juga tidak mungkin absen di KTT APEC dan KTT G20, karena Indonesia memang dari awal ikut menggagasnya. 'Saya juga tidak mungkin untuk tidak hadir di KTT OKI (Organisasi Konferensi Islam) dan Sidang Majelis Umum PBB,' tegas SBY.

Selama ini, kehadiran Indonesia dalam forum-forum itu sangat efektif. Sebagai contoh, tahun 2007 saat Retreat COP Copenhagen yang nyaris gagal, dengan keterlibatan Indonesia, maka target yang diharapkan juga tercapai. 'Saat saya hadiri KTT G-20, saat itu ada usulan agar ada serangan ke Suriah, tapi kita berpendapat bahwa cara yang paling tepat menyelesaikan masalah adalah gencatan senjata yang diawasi PBB. Alhamdulillah akhirnya tak dilakukan serangan militer ke Suriah,' kata SBY.

Menurut SBY, sebenarnya tugas-tugas internasional juga penting. 'Boleh saja urusan luar negeri diletakkan setelah tugas-tugas nasional/dalam negeri. Tapi foreign policy (kebijakan luar negeri-red) merupakan kelanjutan dari urusan dalam negeri. Ini harus dibaca utuh dan ini ada di UUD,' jelas SBY.

'Jadi, kami sangat-sangat selektif. Untuk masa yang akan datang, terserah dengan Presiden yang yang akan datang, mana forum-forum internasional yang akan dihadiri. Tapi secara pribadi saya sampaikan, sebaiknya Presiden hadir di forum-forum tersebut,' imbuh SBY.

Tentang penghematan anggaran, SBY sudah melakukan penghematan pada dua periode kepemimpinannya. 'Ini manajemen, bukan pencitraan. Hati-hati dalam memaknai penghematan. Dalam tugas ini ada tujuan yang harus dicapai. Jadi, saya mengutamakan efektif dan efisien. Jangan sampai membabi buta, tapi tujuan tidak tercapai. Saya sangat mendukung penghematan,' ujar SBY. Next

Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program 'Reportase' TRANS TV yang tayang Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

(asy/jor)

Javascript harus diaktifkan terlebih dahulu

Lapsus

Redaksi: redaksi[at]detik.com Informasi pemasangan iklan hubungi : sales[at]detik.com

Original Post by: http://ift.tt/1rtAsde

Source : http://ift.tt/1rtAsde
Author Profile

About alfatih

Travel umroh terbaik dan terpercaya di indonesia terdaftar di kementrian agama.

0 Komentar Berita terbaru: SBY: Saya Sangat Membatasi Kunjungan ke Luar Negeri

Post a Comment

Bottom Ads

Back To Top