Monday 15 December 2014

Berita terbaru: Bendera Hitam di Lokasi Penyanderaan di Sydney Bukan Bendera ISIS



ABC Australia Bendera hitam dengan tulisan Arab yang dibentangkan di jendela kafe lokasi penyanderaan di Sydney diyakini bukan bendera yang biasa digunakan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).



SYDNEY, KOMPAS.com - Suasana di distrik bisnis Sydney hingga Senin (15/12/2014) siang masih mencekam, menyusul serangan teror pihak bersenjata tak dikenal yang menyandera sejumlah warga di Cafe Lindt, Martin Place. Hingga saat ini belum diperoleh kejelasan mengenai situasi yang terjadi, namun sandera di dalam kafe sempat membentangkan bendera hitam bertuliskan huruf Arab yang mereka tempelkan di jendela kafe.

Bendera yang ditampilkan sandera di Cafe Lindt, Martin Place Australia merupakan variasi dari yang dikenal dengan sebutan bendera hitam standar, bendera yang digunakan luas berbagai kelompok Islam militan.

Bendera yang ditempelkan di jendela di lokasi penyanderaan memiliki latar belakang warna hitam dengan tulisan syahadat diatasnya yang bermakna ' Tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah,'

Syahadat merupakan pernyataan kesaksian atas Islam yang umum diucapkan umat muslim, namun kalimat tersebut tidak memiliki kaitan dengan paham ekstrim atau kelompok jihad.

Kalimat itu juga lumrah ditemui di sejumlah bendera islam, termasuk negara-negara berpenduduk muslim seperti Arab Saudi.

Meski demikian, variasi dari bendera hitam dengan syahadat beberapa dekade terakhir banyak digunakan oleh kelompok islam ekstrim, termasuk kelompok teroris Negara Islam Irak Suriah (ISIS).

Tak heran jika bendera yang terlihat di lokasi penyanderaan di Sydney langsung dibandingkan dengan bendera dari kelompok teroris Negara Islam Suriah Isak (ISIS) yang juga menggunakan bendera berwarna hitam.

Meski demikian, bendera yang dibentangkan di Cafe Lindt Chocolate di Sydney berbeda dengan bendera yang digunakan ISIS. Bendera ISIS diketahui memiliki variasi tulisan Syahadat dengan latar berwarna hitam, namun paragraf kedua dari syahadat yakni 'Muhammad utusan Alloh' dihapuskan.

Dengan demikian bendera ISIS memang mirip dengan bendera yang digunakan dalam penyanderaan di Sydney, namun pelaku penyanderaan tidak menggunakan bendara yang persis sama dengan bendera ISIS.

Pengamat militer dari Lowy Institut, James Brown menegaskan untuk tidak terburu mengambil kesimpulan mengenai pelaku penyanderaan ini.

'Sejauh ini yang kita tahu hanyalah saat ini seseorang tengah melakukan tindak kejahatan dan orang yang terlibat dalam penyanderaan ini sudah pasti ingin tindakannya diasosiasikan dengan islam,'

Bendera hitam standar sudah lama digunakan umat Islam baik oleh organisasi keagaaan maupun pemerintahan negara-negara Islam. Jabhat al-Nusra, yang umum dikenal sebagai Al Qaeda di Irak juga menggunakan bendera dengan kalimat syahadat tertulis di atasnya yang diikuti tulisan nama kelompok tersebut.

Bendera hitam juga digunakan organisasi Hizb ut-Tahrir, yang mengkampanyekan berdirinya kekhalifahan islam di seluruh dunia dan penegakan hukum Syariah. Hizb ut-Tahrir saat ini tidak dilarang di Australia namun beberapa kali dituding memiliki keterkaitan dengan organisasi teroris. Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Original Post by: http://ift.tt/1BPl94r

Source : http://ift.tt/1BPl94r
Author Profile

About alfatih

Travel umroh terbaik dan terpercaya di indonesia terdaftar di kementrian agama.

0 Komentar Berita terbaru: Bendera Hitam di Lokasi Penyanderaan di Sydney Bukan Bendera ISIS

Post a Comment

Bottom Ads

Back To Top