Saturday 8 November 2014

Berita terbaru: Google Peringati 25 Tahun Runtuhnya Tembok Berlin



Berita Terkait



INILAHCOM, Jakarta - Hari ini, 9 November 2014, rakyat Jerman merayakan 25 tahun runtuhnya Tembok Berlin. Raksasa internet Google pun turut memperingatinya dengan menampilkan animasi kreatif di Google Doodle.Jika Anda mengakses Google pada hari ini, maka di halaman muka mesin pencarinya langsung muncul Google Doodle dengan tampilan animasi. Saat logo 'Play' diklik, maka akan terputar video mengenai riwayat singkat runtuhnya Tembok Berlin.

Tak hanya itu, video ini juga menampilkan berbagai kota di dunia yang menyimpan sisa runtuhan Tembok Berlin tersebut.Tembok Berlin (bahasa Jerman: Berliner Mauer) adalah sebuah tembok pembatas terbuat dari beton yang dibangun oleh Republik Demokratik Jerman (Jerman Timur) yang memisahkan kota Berlin Barat dan Berlin Timur.Tembok yang didirikan pada 13 Agustus 1961 ini juga berfungsi untuk memisahkan sekaligus mengisolasi Berlin Barat, wilayah Jerman Barat, yang dikontrol oleh Prancis, Amerika, dan Inggris, negara-negara yang anggap fasis oleh pemerintahan komunis Jerman Timur.Pihak Jerman Timur mengatakan bahwa tembok ini dibangun untuk melindungi para warganya dari elemen-elemen fasis yang dapat memicu gerakan-gerakan besar, sehingga mereka dapat membentuk pemerintahan komunis di Jerman Timur.

Meski demikian, dalam prakteknya ternyata tembok ini digunakan untuk mencegah semakin besar larinya penduduk Berlin Timur ke wilayah Berlin Barat,Sebagian besar rakyat Jerman Timur ternyata hidup dalam tekanan pemerintahan komunis negara mereka. Mereka pun melihat Berlin Barat sebagai wilayah penuh harapan dan berusaha menyeberang ke sana untuk mencari perlindungan dan kehidupan yang lebih baik.Selama Tembok Berlin berdiri, ada sekitar 5.000 orang yang berhasil melarikan diri. Jumlah orang yang tewas akibat mencoba kabur, sampai saat ini masih menjadi perdebatan.

Menurut Alexandra Hildebrandt, Direktur Museum Pos Pemeriksaan Charlie, diperkirakan jumlah orang yang tewas ditembak saat menyeberangi tembok lebih dari 200 orang.Sementara sebuah kelompok bersejarah di Center for Contemporary Historical Research (ZZF) di Potsdam mengkonfirmasikan bahwa ada 136 jumlah orang tewas. Sebelumnya, yang tercatat resmi adalah 98 orang yang dibunuh.Runtuhnya Tembok Berlin berawal dari demonstrasi besar-besaran di Jerman Timur pada Agustus 1989 menyusul perubahan politik radikal di kawasan Blok Timur (komunis) yang dikomandani oleh Uni Soviet.Setelah kerusuhan sipil selama beberapa pekan, pemerintah Jerman Timur mengumumkan bahwa pada 9 November 1989 rakyat Jerman Timur boleh pergi ke Jerman Barat dan Berlin Barat. Maka, kerumunan warga Jerman Timur pun menyeberangi dan memanjat tembok itu, diikuti pula dengan warga Jerman Barat di sisi lain untuk merayakan atmosfer kebebasan.

Tak sedikit juga dari mereka yang mencoba membongkar kokohnya tembok tersebut dengan berbagai alat seadanya.Euforia publik dan pemburu cinderamata akhirnya meretakkan bagian-bagian tembok itu. Beberapa pekan kemudian, sebagian besar tembok ini pun dihancurkan oleh pemerintah menggunakan alat berat.Kejatuhan dari Tembok Berlin tersebut lalu membuka jalan bersatunya dua negara Jerman (Timur dan Barat) pada tanggal 3 Oktober 1990.

Banyak pihak yang menganggap runtuhnya Tembok Berlin adalah peristiwa monumental dan sering digunakan pula sebagai simbol jatuhnya paham komunisme.

Original Post by: http://ift.tt/1w0ISak

Source : http://ift.tt/1w0ISak
Author Profile

About alfatih

Travel umroh terbaik dan terpercaya di indonesia terdaftar di kementrian agama.

0 Komentar Berita terbaru: Google Peringati 25 Tahun Runtuhnya Tembok Berlin

Post a Comment

Bottom Ads

Back To Top